Video Lautan Busa di Kanal Banjir Timur Marunda


TRIBUN-VIDEO.COM - Kanal Banjir Timur (KBT) di kawasan Marunda, Jakarta Utara, dipenuhi busa pada Jumat (23/3/2018) sore.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, busa itu memenuhi KBT selepas Pintu Air Weir 3 Marunda. Petugas Pintu Air Weir 3 Marunda Tarya mengatakan, busa-busa tersebut muncul akibat limpasan air di pintu air tersebut.

"Ada busa karena ada limpasan air, artinya karena air jatuh lalu keluar busa," kata Tarya kepada Kompas.com. Ia menampik apabila busa tersebut muncul akibat adanya limbah yang mencemari perairan.


"Kami enggak tahu juga kalau ada limbah sabun atau apa, tetapi kalau busanya itu pengaruh besarnya, ya, karena limpasan aja," ujarnya.

Ia menjelaskan, busa-busa itu akan hilang apabila pintu air dibuka. Air akan langsung mengalir ke laut apabila pintu air dibuka.

"Kalau dialirkan lewat bawah (pintu air) bisa, tetapi dampaknya airnya kering karena bablas semua. Kami tutup (pintu air), kan, (berguna) untuk aliran air PAM buat masyarakat juga," kata Tarya.

Ia mengatakan, busa-busa di KBT Marunda itu sudah menjadi pemandangan warga sehari-hari. Busa-busa itu, lanjutnya, sudah muncul selama lima tahun terakhir.(Ardito Ramadhan)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

comments