Southgate Kritik Penggunaan VAR di Laga Inggris vs Italia


LONDON – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate, mengkritik penggunaan video assistant reeferees (VAR) di laga persahabatan The Three Lions –julukan Timnas Inggris– kontra Italia yang digelar pada Rabu (28/3/2018) dini hari WIB. Southgate menilai penggunaan VAR dalam laga tersebut tidaklah tepat.

Southgate merasa timnya dirugikan atas penggunaan VAR yang tidak tepat tersebut. Akibat penggunaan VAR, Timnas Inggris harus mengakhiri pertandingan yang digelar di Stadion Wembley itu dengan skor 1-1.

Skor imbang ini diraih setelah Italia mendapat hadiah penalti dari wasit. Penalti itu diberikan tiga menit sebelum waktu normal berakhir setelah salah satu pemain Timnas Inggris, yakni James Tarkowski, menjatuhkan winger Timnas Italia, Federico Chiesa, di kotak terlarang.

Awalnya, insiden tersebut tidak dianggap sebagai pelanggaran oleh wasit sehingga hadiah penalti tak diberikan saat itu. Namun, setelah menyaksikan VAR, sang wasit mengubah keputusannya. Ia memberikan hadiah penalti kepada Timnas Italia karena Tarkowski dianggap melakukan pelanggaran.

Penalti itu pun dieksekusi dengan baik oleh Timnas Italia lewat aksi Lorenzo Insigne. Gli Azzurri –julukan Timnas Italia– pun mengejar keunggulan Timnas Inggris yang bertahan hingga menit ke-87 tersebut. Karena itu, keputusan ini membuat Southgate geram.

"Saya senang ini belum Piala Dunia. Saya pikir segalanya terlihat jelas dalam laga ini. Karena itu, pengambilan keputusan yang tidak tepat dapat diperdebatkan sepanjang hari,” ujar Southgate, sebagaimana dikutip dari Sportsmole, Rabu (28/3/2018).

“Sepertinya, saya menyaksikan secara jelas James Tarkowski berdiri di atasnya (Chiesa). Tidak ada gerakan berlari saat itu, namun ia malah terjatuh setelah itu,” lanjut pelatih berusia 47 tahun tersebut.

"Saya rasa wasit memiliki pandangan yang lebih tepat pada pertandingan itu. Saya tidak berpikir dengan insiden seperti itu VAR akan membereskan semua masalah. Handball dan hal-hal seperti itu mungkin bisa terlihat, tapi kami harus memikirkannya lebih dalam sebelum mengambil keputusan,” tukasnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »