George Peabody, Pria Miskin yang Berubah Jadi Jutawan Dermawan Muncul di Google Doodle


Liputan6.com, London - George Peabody menjadi sosok yang dipilih menjadi Google Doodle hari ini. Pria yang lahir pada 18 Februari 1795 itu dikenal sebagai orang Amerika Serikat pertama yang populer karena kegiatan amalnya.

Peabody lahir dari keluarga miskin di South Danvers, Massachusetts -- South Danvers saat ini bernama Peabody. Sekolah formalnya berakhir pada usia 11 tahun. Kala itu, ia memilih bekerja di sebuah toko.

Namun, di sana lah ia belajar ilmu yang dipakainya dalam kehidupan di masa dewasa, seperti bagaimana berhadapan dengan orang dan bertanggung jawab. Saat berusia 15 tahun, pemuda ambisius, cerdas, dan dewasa itu berusaha mencari keberuntungannya.

Dikutip dari peabody.yale.edu, Jumat (16/3/2018), pada usia 17 tahun, ia mengelola sebuah toko di Georgetown, Columbia. Saat berusia 20 tahun, sosok yang diangkat jadi Google Doodle itu menjadi mitra bisnis grosir. Dua tahun kemudian, kekayaannya mencapai lebih dari US$ 40.000.

Selama 20 tahun ia menjalankan bisnis di Baltimore, sedikit demi sedikit ia berkembang menjadi pedagang dan pemodal internasional.

Setelah lima kali melakukan perjalanan bisnis ke Eropa, pada 1837 ia memutuskan untuk menetap di London. Di sana, ia mendirikan rumah perbankan George Peabody dan Company, yang mengkhususkan pada valuta asing.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »