Berni Kunu - Petugas Kesehatan Tewas Sebagai Martir di Tanah Papua


Di hari ketika jutaan umat Kristiani merayakan jumat agung, anak muda dengan semboyan hidup "Siap Melayani Tuhan" ini telah mengikuti jejak Guru Agung nya, membaktikan diri demi kemanusiaan, dianiaya hingga tewas sebagai martir.

Berny Fellery Kunu (24), petugas kesehatan,  Mobile Clinic and Medical Outreach Examiner di Adventist Aviation Indonesia, ditemukan tewas pada hari jumat (30/3/18) di tepi sungai di dekat landasan pesawat di Kampung Yabasorom, Distrik Pamek, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua.

Sebelumnya 24 orang yang mengaku sebagai OPM mendatangi Marvel Liogu (25) dan Helena Habel (25), yang juga sebagai rekan korban yang sedang membersihkan landasan, namun para pelaku mencari korban yang dicurigai sebagai anggota TNI karena berambut pendek, membawa radio satelit di pinggang dan sering menggunakan celana banyak kantong yang sebenarnya digunakan untuk menyimpan obat-obatan dalam perjalanan.

BERNI KUNU namamu akan abadi terpatri di hati ribuan anak muda yang siap mengikuti jejakmu, membaktikan dirinya demi kemanusiaan khususnya di tanah Papua.

Buat anak muda, tidak perlu teriak-teriak solidaritas tanpa bukti apalagi dengan kartu kuning kepada Presiden hanya untuk mencari popularitas. Tidak sedikit anak muda yang telah membaktikan dirinya untuk kemanusiaan di tanah Papua, tanpa publikasi, tanpa popularitas dan tanpa penghargaan dari negara. Tidak sedikit pula anak muda yang telah kehilangan nyawanya di tanah Papua dan mereka rela menerima itu demi pengabdian pada kemanusiaan.

Berni Kunu, petugas kesehatan yang bekerja sam
pai di pedalaman tanah Papua, ditemukan tewas dengan luka-luka tusukan senjata tajam dari pinggang ke bawah dan jenazahnya diletakkan di kuburan dangkal. Belum diketahui siapa pelakunya namun kemungkinan dia dibunuh oleh gerombolan separatis Papua yang mencurigai Berni sebagai anggota TNI yang menyama

Buat para pelaku pembunuhan, Kalian telah salah orang. Kalian telah membunuh dia yang mengobati anak-anak kalian ketika sakit, kalian telah membunuh dia yang telah mengobati ibu kalian ketika sakit. Kalian telah membunuh dia yang telah menolong istri kalian ketika melahirkan. Kalian telah membunuh dia yang mengobati ayah kalian ketika nyawanya terancam dan mungkin kalian tidak sadari dia yang mungkin telah membantumu ketika sakit di waktu yang lalu. Kalian juga mungkin lupa bahwa ketika kalian sakit, kalian akan sangat membutuhkan bantuan anak muda ini, seorang anak muda lulusan keperawatan Universitas Klabat, anak seorang dosen yang sangat bermartabat...... tapi tidak mengapa karena kalian telah melahirkan seorang pahlawan baru di negeri ini. Negara mungkin tidak mengakuinya, negara mungkin tidak memberikan penghargaan apapun kepadanya tetapi akan ada ribuan bahkan jutaan orang yang mengakuinya sebagai pahlawan yang sesungguhnya.

BERNI KUNU, Pahlawan kemanusiaan di tanah Papua, namamu akan dikenang selalu. Kami rindu bertemu di hari Maranatha.



John Steven Rogi di akun FB nya menulis : Neqqi.......itulah panggilanmu kepada saudaraq setiap bangun pagi di tengah hutan papua yang jauh dari suasana keramaian atau lagi bersantai atau ketika kita bertemu di jalan saudaraq..
terima kasi karena telah mengajarkan saya banyak hal tentang pelayanan melalui dunia kesehatan..mengajarkan saya banyak hal tentang melayani sesama manusia walau jarak yang di tempuh dengan berhari mendaki gunung melewati lembah dan hutan yang masih sangat misteri, kita masih punya banyak rencana pelayanan di hutan papua ini yang belum kita selesaikan, tetapi Tuhan punya rencana indah untukmu saudaraq,Tuhan ingin engkau beristirahat dari jeri lelahmu saudaraq..
maaf tidak sempat bertemu denganmu uttk yang terakhir kali saudaraq..
Beristirahatlah dengan tenang saudaraq,jerih payahmu tidak sia2 di tanah ini..
RIP saudaraq Berny sampai jumpa di tepi laut kaca



Tulisan Pieter Kunu, orang tua dari Berni Kunu :

Terlalu byk yg bertanya ...mk walau terasa duka yg sangat dlm... saya ingin sampaikan utk keluarga...teman2 ... kolega2 dan semua kenalan ..... bahwa anak saya Berni ... bekerja di Perusahan Penerbangan Gereja di Sentani Papua ... dia bekerja di Bidang Kesehatan ... jd tugasnya selain mendampingi dokter2 pemerintah di desa2.... dia dan teman2nya juga membantu NEGARA ini untuk melayani masyarakat dlm.bidang kesehatan di wilayah2 yg sukar didatangi dokter2 berbaju putih sebab utk tiba di sana harus ber jalan kaki bberapa hari ... anakku Berni menyukai pekerjaan yg penuh tantangan sep ini karena cintanya pada Tuhannya... ia critakan kpd saya saat terakhir berkomunikasi klau pelayanannya benar2 dilimpahi mujizat kasih karunia yg sangat byk dan ajaib... lalu saya ingatkan dia ut hati2 terhadap orang2 jahat di pedalaman krn hati ini trasa brat melepas dia pg ... tp dia justru menenangkan saya dg kata2 penuh iman... di selingi canda dan tawa krn dia ingin segera menikah agar pelayanannya di pedalaman Papua bisa lbh baik dg pg bersama istrinya nanti ....

kebiasaanya tiap pagi berolah raga... dia bw samp pedalaman Papua... dg rambut yg pendek... badan tegap... dipercaya utk memegang radio satelit di pinggang utk slalu berkomunikasi ke pusat pelayanan di.kota ... bercelana byk saku ut diisi dg obat2an dan peralatan medis ... dll nya .... info yg kami terima ... diduga dia dicurigai sbg anggota TNI... (mungkin sbg mata2 ???) ... kmarin penyerangan terjadi oleh segerombol orang bersenjata (blum tahu siapa mereka sbnarx) ke desa dimn Berni dkkx berada ... ternyata yg dicari hanyalah Dia... Berni anakku... besokx dia ditemukan dlm sebuah kubur dangkal... tentu sudah tak bernyawa ... dia mati dg senjata tajam yg tampak menghujani tubuhnya dari pinggang ke bawah... ooh Tuhan dia mati disiksa kaaah ??? Terlalu ngeri ut membayangkannya... tpi satu hal yg saya yakini dia mati martir ... seorang suhada ... krn pelayanannya itu berdasarkan panggilan Tuhan bgnya ... itu keyakinannya dan juga keyakinan saya ....

Anakku...papi terlalu yakin kau mati dlm kemuliaan Tuhan naak... papi bangga slmanya padamu... papi akan ikuti jejakmu ... mati dlm pelayanan ut kemuliaan Tuhan ... samp jumpa di kota Yerusalem baru ....

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

comments
September 16, 2018 at 2:11 AM delete

DEWA POKER | TEXAS HOLDEM POKER | POKER ONLINE | PERMAINAN POKER | TEXAS POKER | POKER ONLINE INDONESIA | ZYNGA POKER | POKER UANG ASLI
Hanya dengan 1 User ID bisa bermain 8 GAME :
-ADU Q
-BANDAR Q
-DOMINO QQ
-POKER
-CAPSASUSUN
-BANDAR POKER
-SAKONG ONLINE
-BANDAR66 ( NEW RELEASE )
Kami juga menyediakan Bonus-Bonus Untuk Anda Semua :
* BONUS ROLLINGAN 0,5% (Dibagikan setiap hari senin)
* BONUS REFFERAL 15% ( Seumur Hidup )
Permainan di SAHABATPOKER murni 100% PLAYER vs PLAYER tanpa BOT (ROBOT)
* Kontak Kami *
PIN BBM : E34BB179
LINE : Sweetycandys
WA : +855967136164
Website : AGEN DOMINO
FB : SahabatPoker
Twitter : SahabatPoker

Reply
avatar
September 17, 2018 at 5:29 AM delete

SAHABATQQ AGEN DOMINO QQ | DOMINO 99 | POKER ONLINE AMAN DAN TERPERCAYA

Ayuk Segera Gabung Bersama AGEN DOMINO 99
* Minimal Deposit & Withdraw : 20.000
* Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
* Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
* Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
* Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
* Live chat yang Responsive
* Support lebih banyak bank LOKAL


Contact Us

WEBSITE : SahabatQQ
Fanspage FB : SahabatQQ
Pin BB : 2AE48042
Pin BB : 2BD6A2E3
WA : +855-81734021
LINE : SAHABATQQ
WECHAT : SAHABATQQ
TWITTER : SahabatQQ
YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com

Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

Reply
avatar