Mengapa Guatemala akan memindahkan kedubesnya ke Yerusalem?


Guatemala, negara yang terletak di wilayah Amerika Tengah, memiliki hubungan ekonomi dan politik yang erat dengan Israel, selain bergantung secara ekonomi kepada Amerika Serikat.

Kebijakan pemerintah Guatemala untuk memindahkan kedutaan besarnya di Israel, dari Tel Aviv ke Yerusalem, menjadi sorotan dunia: mengapa itu dilakukan sebuah negara Amerika Tengah yang jaraknya ribuan kilometer dari Israel?

Guatemala, yang letak geografisnya berbatasan langsung dengan Meksiko, merupakan negara pertama yang mendukung Yerusalem merupakan ibu kota Israel dan akan memindahkan kedutaan besarnya ke kota itu, menyusul langkah Amerika Serikat.

Bersama AS dan delapan negara lainnya, Guatemala juga menentang resolusi PBB yang menolak pengakuan AS terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Pimpinan Israel langsung mengucapkan terima kasih kepada presiden Guatemala, tetapi warga Palestina mencap keputusan tersebut sebagai "memalukan dan ilegal".

Pernyataan kontroversial Donald Trump tentang Yerusalem telah banyak ditolak oleh berbagai negara di seluruh dunia.

Status kota Yerusalem merupakan salah satu isu paling sensitif dalam konflik Israel-Arab.

Israel menganggap seluruh Yerusalem sebagai ibu kotanya, sementara Palestina terus mengingingkan agar Yerusalem Timur menjadi ibu kota negara Palestina di masa mendatang


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »