Menakjubkan R80, Presiden Jokowi Akan Operasikan Pesawat Nasional Besutan BJ Habibie



PT Regio Aviasi Industri (RAI) turut memamerkan Pesawat R80 dalam gelaran Bekraf Habibie Festival di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pesawat ini merupakan karya dari PT RAI yang didirikan oleh Mantan Presiden Bacharudin Jusuf Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie.

Dalam pameran ini, pengunjung dapat melihat purwarupa dari pesawat bermesin twin-turboprop secara lebih dekat. Anda juga dapat melihat spesifikasi lengkap dari pesawat R80.

Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI), Ilham Habibie, mengatakan bahwa pesawat R80 sangat cocok untuk kondisi Indonesia yang terdiri dari banyak pulau.

"R80 sangat cocok untuk kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak kepulauan. R80 juga lebih hemat daripada pesawat bermesin jet," ujarnya di sela pameran, Senin (7/8/2017).

Ilham melanjutkan bahwa uji coba R80 masih terus dilakukan sambil menunggu bantuan dana dari investor. Proyek pesawat R80 ini diperkirakan membutuhkan biaya 1,5 miliar dolar AS.
 
"Uji coba pesawat jalan terus. Kami juga terus menunggu investor kan. Diharapkan, penerbangan perdana R80 dapat dioperasikan di 2021," ucapnya penuh harap.

Pesawat berkapasitas 80 penumpang ini dapat melaju hingga 330 knots atau sekitar 611 km per jam. Dalam mode ekonomis, pesawat R80 dapat berjalan 290 knots atau 537 km per jam.

Untuk sistem kendali, pesawat ini juga dilengkapi dengan teknologi fly by wire yang menggunakan sinyal elektronik dalam memberikan perintah. Saat ini pesawat R80 sudah dipesan sebanyak 155 unit dari beberapa maskapai, seperti NAM Air, Kalstar Aviation, dan Trigana Air. [Suara]

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »